Monday, March 20, 2017

Ganti Keyboard Lenovo S20-30

Keyboard merupakan bagian yang sangat penting saat menggunkan komputer. Keyboard merupakan perangkat input komputer yang digunkan sebagai perangkat masukkan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.

Kerusakan perangkat keyboard tentunya akan sangat mengganggu pekerjaan. Untuk mengetahui tanda-tanda kerusakan keyboard silahkan klik disini. Jika menggunkan PC kerusakan pada keyboard tentunya bukan masalah yang serius, karena bisa langsung diganti dengan keyboard yang masih baik. Akan tetapi kerusakan keyboard pada notebook / laptop kerusakan keyboard itu menjadi masalah yang serius, karena tidak bisa langsung diganti dengan serta merta. Untuk mengganti keyboard laptop / notebook dibutuhkan sedikit pengetahuan, agar saat penggantian keyboard tidak menyebabkan masalah baru yang diakibatkan karena kesalahan saat pemasangan.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman langkah langkah mengganti mengganti keyboard notebook / laptop yang benar. Sebelum mengganti keyboard pastikan bahwa laptop sudah tidak dalam masa garansi. karena dengan mengganti keyboard berarti akan membuka segel garansi. Jika masih dalam masa garansi sebaiknya dibawa ke service center atau lokasi pembelian laptop. langsung saja saya akan mencoba menjelaskan langkah-langkah mengganti keyboard Lenovo S20-30 :
  1. Lepaskan semua sumber listrik dari adaptor dan baterai, dengan tujuan untuk menghindari kerusakan akibat konsleting. Cara melepaskan baterai dengan cara membuka pengunci baterai dibagian belakang kemudian menarik baterai keluar
  2. Buka 9 sekrup dibagian bawah casing, silakan lihat gambar yang ditandai warna merah.
  3. Kemudian lepaskan 2 sekrup dibagian bawah penyangga, silakan lihat gambar yang ditandai warna merah.
  4. Setelah semua baut terlepas, buka casing bagian belakan dengan perlahan dan super hati-hati. Butuh ekstra sabar dan hati-hati saat membuka casing karena membutuhkan konsentrasi lebih. Cara membuka casing bisa menggunkan kuku atau pencongkel yang tidak merusak casing.
  5. Setelah casing bagian belakang terbuka, selanjutnya lepaskan 4 baut yang mengunci keyboard. Silakan liat penanda merah.
  6. Setelah itu kemudian lepaskan keyboard dengan cara mencongkel keyboard dengan hati-hati bisa menggunakan kuku atau pencongkel  khusus.
  7. Kemudian lepaskan slot  pengunci kabel flesible dengan cara menarik kebelakang pengunci slot.
  8. Untuk membeli keyboard pastikan bahwa seri keyboard sesuai dengan laptop / notebook.
  9. Pasang fleksible pada slot, kemudian kunci slot.
  10. Pastikan keyboard yang sudah dipasang dengan benar.
  11. Pasang kembali semua baut yang dilepas.
Untuk lebih jelasnya silahkan buka Mengganti keyboard lenovo s20-30

Demikian langkah-langkah mengganti / melepas keyboard pada Lenovo S20-30, semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat sekalian. Silakan kunjungi kembali infokomputerok.blogspot.co.id untuk mendapatkan informasi seputar komputer. Demikian pembahasan mengenai langkah-langkah mengganti keyboard  Lenovo S20-30.

No comments:

Post a Comment

Terimakash telah membaca blog saya, silakan tinggalkan komentar