Saturday, October 1, 2016

Perawatan Charger Laptop / Notebook

        Pada kesempatan kali ini  saya ingin berbagi pengalaman mengenai cara perawatan charger laptop. Sebagian orang menyebutkan "adaptor". Charger laptop merupakan salah satu bagian penting dari perangkat laptop. Setiap hari kita membutuhkan charger untuk mengisi sumber listrik kedalam baterai laptop / notebook. Pada prinsipnya adaptor atau charger listrik adalah merupakan alat penurun dan penyearah tegangan dari listrik PLN (220 Volt AC) menjadi  tegangan yang sesuai dengan kebutuhan Laptop( Biasanya 19 Volt DC). Kualitas listrik yang dihasilkan dari charger akan sangat menentukan keadaan periperal yang ada didalam laptop. Jika tegangan listrik yang dihasilkan tidak stabil atau mungkin perataan arusnya kurang bagus maka hal ini bisa menjadikan perangkat laptop kita cepat rusak.
Begitu juga jika tegangan listrik yang dihasilkan terlalu besar juga akan menyebabkan periperal yang ada di laptop menjadi terbakar. Oleh karena itu, saya sarankan untuk membeli Charger laptop / notebook yang bagus atau yang Ori. Tapi biasanya sebagain banyak orang malah memilih Charger KW karena dengan alasan harganya lebih murah. Tapi sebenarnya jika kita menggunakan charger yang kurang bagus, akan berdampak pada kerusakan periperal pada laptop.
         Setelah mengetahui fungsi dari charger kita harus mengetahui cara perawatan yang baik agar charger tidak cepat rusak.  Kerusakan yang sering terjadi pada charger laptop adalah tiba tiba charger tidak bisa mengisi listrik ke baterai. Hal ini ada beberapa kemungkinan yang terjadi:

1. Kabel putus
     Kabel putus biasanya terjadi karena posisi penggulan kabel tidak benar, sehingga kabel tertarik dan akhirnya putus. Posisi penggulungan kabel charger ini biasanya diabaikan sehingga charger menjadi tidak awet.
Kabel Putus Akibat Penggulungan Kabel yang Salah
2. Komponen Charger terbakar
     Komponen charger terbakar disebabkan karena kondisi listrik sumber ac yang tidak stabil. Misalkan menggunakan genset dengan kondisi tegangan yang tidak stabil(tegangan naik-turun). Saya sarankan jika menggunakan listrik dengan tegangan yang tidak stabil sebaiknya dikombinasikan dahulu dengan stabilizer listrik.

       Sebenarnya masih banyak informasi tentang perawatan charger namun karena keterbatasan kami, kami hanya dapat memberikan beberapa hal saja. Demikian pemaparan singkat mengenai perawatan. Semoga informasi yang saya paparkan bermanfaat untuk Anda sekalian. Kami akan mencoba membahas informasi mengernai Komputer di kesempatan yang lain. Silahkan kunjungi kembali infokomputerok.blogspot.com

     Terima kasih atas kunjungan Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar, kritik dan saran, serta mengikuti informasi  berikutnya.

No comments:

Post a Comment

Terimakash telah membaca blog saya, silakan tinggalkan komentar